Tuesday, February 3, 2009

Rajin Mandi & Rendam Kaki Bisa Sembuhkan Banyak Penyakit

Menurut penelitian terbaru mandi ternyata tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress. Lantas, apa saja sih manfaat mandi dan berapa lama idealnya Anda sebaiknya mandi? Mau tahu lebih banyak? Berikut informasinya:

1. Mengeluarkan racun
Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celcius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 20-20 menit.

2. Stress
Jika Anda benar-benar mengalami stress, mandi air dingin akan menjadi jawaban yang tepat. Temperatur yang dianjurkan sekitar 12-18 derajat Celcius. Mandi air dingin sangat baik meredakan ketegangan.

3. Infeksi
Infeksi yeast seperti sariawan dapat membantu dengan menambahkan tiga atau empat cuka dari sari buah apel kedalam bak mandi. Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam. Tambahkan pada air hangat dan berendam selama 15-20 menit.

4. Flu dan sakit kepala
Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukkan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

5. Insomnia
Meredakan kaki dalam air dingin sangat baik bagi Anda yang memiliki masalah insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Masukkan kaki sampai kaki merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, flu dan sembelit./Warta

No comments: